Lulusan SMA Negeri 1 Purbalingga 2012, Terus Maju berkembang menjadi manusia yang Unggul!


PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Drs. H. Heru Sudjatmoko, MSi meminta para siswa lulusan SMA Negeri 1 Purbalingga untuk terus maju berkembang menjadi manusia yang unggul. Prestasi yang diraih saat ini hendaknya dijadikan modal untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi.

“Ibarat balon yang diterbangkan, berkembanglah setinggi mungkin tetapi jangan melupakan pohonnya. Jangan melupakan para gurunya. Apalagi sampai melupakan bapak ibunya. Karena merekalah yang telah berjasa kepada kita,” ungkap Bupati Heru saat melepas lulusan SMA Negeri 1 Purbalingga tahun ajaran 2011/2012 di lapangan sekolah setempat, Kamis (31/5).

Acara diawali penampilan tari Gambyong Banyumasan. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelepasan siswa, ditandai prosesi cium bendera merah putih oleh 7 siswa berprestasi. Tahun ini, SMA Negeri 1 Purbalingga berhasil meluluskan siswanya 100 persen. Untuk program IPA sebanyak 222 siswa dan program IPS 124 siswa. Sekolah ini juga menjadi peringkat pertama kelulusan tingkat kabupaten.

Di bagian lain sambutannya, Bupati Heru juga mengingatkan para siswa untuk menjadi manusia Indonesia yang tetap mencintai tanah airnya. Bahkan Bupati tak segan menganjurkan agar meniru patriotisme bangsa Jepang. Dimana menurut Bupati, banyak kaum muda Jepang yang dikirim belajar ke luar negeri. Manakala mereka menyelesaikan pendidikannya, mereka kemudian bergegas pulang untuk membangun bangsanya.

“Saya ingin tirulah nasionalisme mereka. Tuntutlah ilmu sampai ke luar negeri, tetapi jangan lupakan bangsamu sendiri. Bangunlah Indonesia dari ilmu dan pengalaman yang kalian dapatkan,” tandasnya.

Bupati juga menyampaikan kebanggaanya, karena salah satu siswanya diterima di perguruan tinggi luar negeri. Farahditya siswa kelas XII IPS 2 berhasil melanjutkan kuliah di Melbourne University, Australia. Sedangkan 93 lulusan lainnya telah diterima di perguruan tinggi melalui jalur undangan atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK). Jumlah itu, meliputi perguruan tinggi negeri 57 siswa dan swasta 36 siswa.

Sementara itu, Kepala SMA N 1 Purbalingga Drs Achmad Khotib MPd menuturkan pada pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun ini, sekolah yang dipimpinnya berhasil meraih peringkat pertama di tingkat kabupaten, dengan nilai rata-rata jurusan IPA sebesar 7,91 dan nilai jurusan IPS 7,93. Nilai UAN tertinggi diraih Arno Wicaksana. Siswa kelas XII IPA 5 ini, mendapat nilai 54,95 atau nilai rata-rata 9,16.

Untuk peringkat nilai UN jurusan IPA, peringkat I diraih Hanif Anwar (XII IPA 3) dengan nilai UN 54,65 atau rata-rata 9,11. Peringkat kedua Bella Azari Susanto (XII IPA 2) dengan nilai 54,60 (9,10) dan peringkat tiga Atifudin (XII IPA 6) nilai 54,35 (9,06).

Jurusan IPS, peringkat I Murzika Kusuma Putra (XII IPS 3 – 53,20 – 8,87), kedua Desi Fitriani (XII IPS 3 – 53,10 – 8,85) dan ketiga Wikara Dyah Widayaka (XII IPS 4 – 52,45 – 8,74)

“Mereka kami berikan reward berupa uang prestasi yang diserahkan langsung oleh Bapak Bupati,” katanya.

Sumber:

kotaperwira.com

http://facebook.com/kotaperwiracom

http://www.jatengprov.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: