Benarkah ? Minum Bir Bisa Atasi Tulang Rapuh


Benarkah ? Minum Bir Bisa Atasi Tulang Rapuh
30 Nov 2011 Tinggalkan sebuah Komentar
by scorpio in Temuan Sains Terbaru

Foto:Ist
INILAH.COM, Jakarta – Sebuah studi baru menyebutkan, minum bir secara teratur dapat menghadang tulang dari kerapuhan. Benarkah ?
Hasil riset menyebutkan tulang dari perempuan yang meminum bir secara teratur ternyata lebih kuat hingga mereka jarang menderita penyakit osteoporosis. Bir mengandung silikon, mineral yang membantu pembentukan massa tulang.
Diduga, tingginya kadar silikon dalam bir dapat memperlambat proses pengeroposan tulang, memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang serta meningkatkan pembentukan tulang baru. Terutama di bagian pinggang dan pada perempuan yang mengalami masa menopause.
“Silikon memainkan peranan utama dalam pembentukan tulang. Bir diklaim sebagai salah satu sumber paling penting dari silikon.” ungkap peneliti dari Spanyol.
Dalam Jurnal Nutrition disebutkan, tulang tersusun dari serat, mineral, pembuluh darah dan sumsum. Tulang dikatakan sehat bila memiliki kepadatan. Tim peneliti dari Spanyol menanyakan kepada hampir 1,700 perempuan berusia usia 48 tahun tentang kebiasaan minum mereka.
Kemudian para peneliti melakukan ultrasound scan pada lengan masing- masing partisipan. Hasilnya menunjukan bahwa tulang yang dimiliki perempuan peminum bir ternyata lebih padat.
Para peneliti memilih bagian lengan untuk diteliti karena tulang pada jari lengan merupakan bagian yang pertama kali menunjukan tanda-tanda osteoporosis.
Meskipun demikian, hasil ini tidak boleh diartikan bahwa semakin banyak perempuan minum bir maka tulangnya akan semakin kuat. Karena meminum bir secara berlebihan juga dapat berdampak pada kesehatan lainnya.

%d blogger menyukai ini: